Rabu, 01 April 2020

Resume Prasejarah Paleolitikum

Pada masa pra-aksara atau bisa juga disebut sebagai jaman masa prasejarah berlangsung pada abad ke-3 Masehi, dan masa kehidupan dimana manusia belum mengenal tulisan. Manusia yang hidup pada jaman ini bisa disebut manusia purba dan pada zaman ini merupakan awal dari kapitalisme karena pada saat itu ditemukan alat produksi yang digunakan untuk mencari makan atau brtahan hidup. Banyak peninggalan yang berupa fosil dan tumban. Pada masa Abad ke-4 manusia telah mengenal tulisan.
Pada zaman paleolitikum berlangsung kira-kira pada masa pleistosen awal, sekitar ratusan ribu tahun yang lalu. Pada zaman paleolitikum manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup melalui cara berburu. Fosil-fosil yang ditinggalkan pada zaman ini, seperti: Homo Wajakensis, Meganthropus paleojavanicus, Homo Erectus dan Homo Soloensis. Ciri-ciri dari manusia purba yaitu :
- Nomaden atau berpindah-pindah
- Hidup berkelompok
- Bergantung dengan alam sekitar dan besar pengaruh alam

1. Kepercayaan
Kepercayaan yang dianut pada saat zaman paleolitikum yaitu Animisme dan Dinamisme. Animisme adalah kepercayaan yang berarti percaya terhadap roh-roh yang memiliki kekuatan ghaib. Dinamisme merupakan kepercayaan yang diyakini dengan cara menyembah benda-benda yang memiliki kekuatan ghaib.

2. Sistem Kemasyarakatan
Sistem kemasyarakatan pada saat itu dengan hidup secara berkelompok. Kehidupannya sangat bergantung pada lingkungan hidup dan iklim, mereka tinggal di gua-gua, hutan atau pinggiran sungai. Mereka berburu untuk bertahan hidup didaerah dekat tempat tinggalnya.

3. Sistem Pengetahuan
Sistem pengetahuan masih berputar pada cara untuk bertahan hidup dan belum mengenal tulisan. Saat itu masyarakat masih menggunakan alat dari batu untuk bekerja memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Pengetahuan sederhana yang mengandalkan akal untuk bertahan hidup.

4. Kesenian
Pada zaman ini sebenarnya bukan kesenian melainkan kebudayaan yang lahir, karena kebiasaan mereka dan dilakukan terus menerus akan melahirkan suatu budaya yang sampai saat ini diingat yaitu berburu. Kesenian yang lahir saat itu belum bisa dibuktikan secara aktual karena ada beberapa kesenian yang menggunakan alat berupa batu. Akan tetapi bukti tersebut masih tidak kuat untuk membuktikannya.

5. Bahasa
Bahasa yang digunakan pada Zaman Paleolitikum adalah bahasa tubuh. Pada saat itu masyarakatnya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh atau bahasa isyarat. Karena pada saat itu belum mengenal tulisan dan tidak mengerti bahasa.

6. Mata Pencaharian
Pada Zaman ini masyarakat sebagian besar bermata pencaharian berburu dan meramu makanan. Pada masa ini manusia purba masih hidup secara nomaden. Oleh sebab itu pada masa ini manusia hanya melakukan mata pencahariannya dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan dari lingkungan dekat tempat tinggal. Alat yang digunakan untuk berburu merupakan alat sederhana dari batu.

7. Teknologi
Di zaman paleolitikum atau zaman batu tua, kebudayaan dan teknologi menjadi sangat penting sebagai sarana untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia dan ini dimungkinkan oleh perkembangan evolusi otak manusia yang semakin baik. Perkambangan teknologi pada masa Paleolitikum adalah alat penetak yang cara pembuatannya dengan memukul beberapa lempengan dari sebuah batu  kali kepada sebuah batu besar yang berguna untuk melepaskan kepingan- kepingan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar